Thursday, December 27, 2012

Copywriter is a Playmaker



Bila kita ingin mencari seorang Art Director mungkin akan banyak yang apply, begitu juga dengan Account Executive. Tapi  beda hal nya dengan seorang copywriter, hasilnya tidak akan sebanyak dengan Art Director ataupun Account Executive. Ideal nya dalam sebuah team creative terdapat seorang Copywriter dan Art Director ditambah dengan yang lainnya seperti Graphic Designer, Interactive Designer dan yang lainnya. Nantinya team ini berada dibawah seorang pelatih yang bernama Creative Director.
Semua pemain bertanggung jawab terhadap tugasnya masing-masing dan bebas mengeluarkan ide, tetapi sebagai pengatur serangan dan awal dari sebuah proses creative adalah seorang copywriter. Why? Seorang copywriter harus menguasai secara menyeluruh terhadap produk yang akan dibuat. Kelebihan dan kekurangan, perbandingan dengan competitor, apa yang menjadi terpenting buat konsumen dan fakta-fakta lainnya. Semua pemain juga harus mengenal dengan baik produk tersebut tetapi seorang Copywriter harus lebih daripada yang lainnya. Dan pada akhirnya seorang Copywriter harus bertanggung jawab terhadap : 1. Consumer Research. 2. Meeting dengan Client pada saat menerima brief maupun pada saat presentasi, seorang Copywriter harus bisa menjelaskan the idea dan mempertahankannya. 3. Public Relations, dalam pembuatan news releases, plan promotion & event.

No comments: