Monday, September 17, 2012

How to Create a Big Idea (1)



Dalam perjalanan menuju kantor, diantara kemacetan yang membosankan mata saya tertuju ke sebuah bilboard dengan ukuran 9x12 m sambil membaca sebuah copy yang cukup gede “Siang Dipendam Malam Balas Dendam”. Yang menjadi pertanyaan adalah gimana cara dapetin ide seperti itu.

Hidup seseorang diukur dari manfaat untuk orang lain bukan? Saya coba sharing dari pengalaman yang saya dapatkan waktu mengikuti Creative Director Cloning (CDC).
Kita coba membuka buku kemudian membolak-balikan gambar yang lainnya tanpa tujuan, berharap bisa ketemu ide untuk sebuah print ad. Ataupun melalui googling. Dengan cara seperti itu ide yang dihasilkan kemungkinan tidak maksimal, malah bisa jadi menjiplak ide orang atau plagiat.

so how...?

Untuk cara ini mereka menyebutnya “Disruption”.  Sesuatu  yang dilakukan diluar dari biasanya atau meloncat dari sesuatu yang normal.

Contoh :
Jika mengerjakan print ad untuk sebuah brand pasta gigi “PEPSODENT”.
Ordinary Things : Seorang pria sedang menyikat gigi dengan “PEPSODENT”
Result : Seorang bayi sedang menyikat gigi dengan “PEPSODENT”, Seekor kuda sedang menyikat gigi dengan “PEPSODENT”, Hantu sedang menyikat gigi dengan “PEPSODENT”

Ordinary Things : Pasta gigi “PEPSODENT” membuat gigi menjadi putih.
Result : Pasta gigi “PEPSODENT” membuat muka menjadi putih, Pasta gigi “PEPSODENT” membuat baju menjadi putih.

Jangan pernah merasa puas dengan satu ide yang telah didapat. Terus menggali dan menggali dari ide-ide yang telah didapat. Dan jangan pernah merendahkan ide yang telah didapat.
 
Have a Great Idea!

No comments: