Dalam perjalanan menuju kantor, diantara
kemacetan yang membosankan mata saya tertuju ke sebuah bilboard dengan ukuran
9x12 m sambil membaca sebuah copy yang cukup gede “Siang Dipendam Malam Balas Dendam”. Yang menjadi pertanyaan adalah gimana cara dapetin ide seperti itu.
Hidup seseorang diukur dari manfaat untuk
orang lain bukan? Saya coba sharing dari pengalaman yang saya dapatkan waktu
mengikuti Creative Director Cloning (CDC).
Kita coba membuka buku kemudian
membolak-balikan gambar yang lainnya tanpa tujuan, berharap bisa ketemu ide
untuk sebuah print ad. Ataupun melalui googling. Dengan cara seperti itu ide
yang dihasilkan kemungkinan tidak maksimal, malah bisa jadi menjiplak ide orang
atau plagiat.
so how...?
Untuk cara ini mereka menyebutnya “Disruption”. Sesuatu
yang dilakukan
diluar dari biasanya atau meloncat
dari sesuatu yang normal.
Contoh :
Jika mengerjakan print ad untuk sebuah brand
pasta gigi “PEPSODENT”.
Ordinary Things : Seorang pria sedang menyikat
gigi dengan “PEPSODENT”
Result : Seorang bayi sedang menyikat gigi
dengan “PEPSODENT”, Seekor kuda sedang menyikat gigi dengan “PEPSODENT”, Hantu
sedang menyikat gigi dengan “PEPSODENT”
Ordinary Things : Pasta gigi “PEPSODENT”
membuat gigi menjadi putih.
Result : Pasta gigi “PEPSODENT” membuat muka
menjadi putih, Pasta gigi “PEPSODENT” membuat baju menjadi putih.
Jangan pernah merasa puas dengan satu ide yang
telah didapat. Terus menggali dan menggali dari ide-ide yang telah didapat. Dan
jangan pernah merendahkan ide yang telah didapat.
Have a Great Idea!
No comments:
Post a Comment