Jika kita cermati perubahan perilaku konsumen sekarang, kita akan melihat
sebelum memutuskan untuk membeli produk, biasanya calon konsumen akan mencari
informasi terlebih dahulu sebanyak-banyaknya sebelum memutuskan untuk membeli.
Informasi yang didapat bisa melalui media online dan offline atau referensi
dari sekitarnya. Dengan persaingan yang begitu kompetitif mengharuskan para
pelakunya untuk selalu muncul di mata konsumen dengan pesan dan waktu yang
tepat. Lalu apa pesan yang tepat itu?
Sebelum mencapai tahap referensi, tentu saja produk
Anda harus dikenal (aware). Tetapi apakah dengan dikenal saja cukup walaupun
produk Anda menjadi salah satu yang dipertimbangkan. Agar bisa menjadi pemenang,
produk Anda harus berkarakter (positioning). Sama seperti halnya manusia, jika
semua manusia di dunia ini memiliki wajah yang sama tanpa karakter tentu saja
kita akan kesulitan memilihnya. Dengan memasukkan karakater, produk Anda akan
menjadi lebih menonjol dibandingkan dengan yang lainnya (difrensiasi produk). Intinya,
“Ini lho yang tepat buat kamu.” Penciptaan karakter produk bisa
diotak-atik sedemikian rupa tergantung dari konsumen yang dituju. Bisa mengenai
benefit produk (penjualan jangka pendek) atau lebih jauh mengenai apa yang
menjadi aspirasi konsumen (penjualan jangka panjang). Contoh yang paling mudah bisa
dilihat pada produk-produk unilever yang banyak menciptakan aspirasi bagi
konsumennya.
No comments:
Post a Comment