Wednesday, August 13, 2014

Ini lho yang tepat buat kamu

Jika kita cermati perubahan perilaku konsumen sekarang, kita akan melihat sebelum memutuskan untuk membeli produk, biasanya calon konsumen akan mencari informasi terlebih dahulu sebanyak-banyaknya sebelum memutuskan untuk membeli. Informasi yang didapat bisa melalui media online dan offline atau referensi dari sekitarnya. Dengan persaingan yang begitu kompetitif mengharuskan para pelakunya untuk selalu muncul di mata konsumen dengan pesan dan waktu yang tepat. Lalu apa pesan yang tepat itu?

Sebelum mencapai tahap referensi, tentu saja produk Anda harus dikenal (aware). Tetapi apakah dengan dikenal saja cukup walaupun produk Anda menjadi salah satu yang dipertimbangkan. Agar bisa menjadi pemenang, produk Anda harus berkarakter (positioning). Sama seperti halnya manusia, jika semua manusia di dunia ini memiliki wajah yang sama tanpa karakter tentu saja kita akan kesulitan memilihnya. Dengan memasukkan karakater, produk Anda akan menjadi lebih menonjol dibandingkan dengan yang lainnya (difrensiasi produk). Intinya, “Ini lho yang tepat buat kamu.” Penciptaan karakter produk bisa diotak-atik sedemikian rupa tergantung dari konsumen yang dituju. Bisa mengenai benefit produk (penjualan jangka pendek) atau lebih jauh mengenai apa yang menjadi aspirasi konsumen (penjualan jangka panjang). Contoh yang paling mudah bisa dilihat pada produk-produk unilever yang banyak menciptakan aspirasi bagi konsumennya.

No comments: