Industri forex jika didalami lebih lanjut menjadi sangat menarik dalam pengerjaan strategi
marketing. Mengapa demikian? Karena marketnya yang sangat spesifik itulah yang menjadi tantangan tersendiri.
Apa sebenarnya forex itu? Forex,
singkatan dari foreign exchange merupakan salah satu dari jenis produk yang
memperdagangkan dua mata uang, pergerakan nilai mata uang yang satu dengan yang lainnya itulah yang kita mainkan. Karena sifatnya yang
sangat liquid, maka industri ini bisa dikatakan high risk, high return. Banyak yang bilang kalo produk ini seperti tebak-tebakan hasil skor pertandingan sehingga sulit sekali untuk meraih keuntungan,
tetapi banyak juga yang meraup keuntungan. Dari sini bisa disimpulkan, targetnya bukan hanya yang punya modal tetapi faktor mental juga mempengaruhi.
Hampir di
semua perusahaan forex memiliki produk dengan currency yang sama, yang membedakannya hanya di
komisi dan pelayanan. Kalo kita hanya berperang di harga tentu tidak akan ada habisnya, hampir di
semua produk juga berlaku demikian karena harga bukan akhir dari segalanya. Selain faktor harga ada faktor pelayanan yang bisa dipertimbangkan oleh nasabah. Faktor pelayanan itu mempunyai cakupan yang
sangat luas, yang bila dirangkum pada intinya meningkatkan kepercayaan diri nasabah dalam mengambil keputusan/posisi. Kuncinya ada pada internal
perusahaan, inovasi dan edukasi.
Dengan kemajuan teknologi seperti sekarang ini, perusahaan suka tidak suka harus terus mengikutinya untuk memudahkan nasabah dalam ber-trading, bisa
berupa pembuatan berbagai aplikasi untuk trading, copy system trader atau yang lainnya yang
pada intinya memudahkan trader dalam bertransaksi.
Faktor lainnya adalah edukasi. Edukasi yang
konsisten dan terus menerus, bertujuan untuk membentuk mindset “trading itu sebenarnya mudah”. Tentu saja ini bukan pekerjaan sederhana,
dibutuhkan waktu bahkan menthor untuk mengarahkan para trader tersebut. Bahkan sekarang banyak didirikan akademi
trading mulai dari tingkat beginner sampai advanced. Nah dari dua faktor tersebut bisa dieksekusi menjadi
program-program promosi untuk menarik nasabah dalam menciptakan kesan pertama dengan produk yang ditawarkan.
No comments:
Post a Comment