Tuesday, January 22, 2013

Solving The Client Problem



Selamat, agency kita diundang untuk mengikuti pitching salah satu produk Unilever. Tugas kita adalah membuat creative strategy & membangun marketing communication campaign.
Yang menjadi maslah sekarang adalah kita belum mengetahui tentang produk tersebut, konsumen, competitor ataupun marketnya. Dan diberikan waktu 2 minggu untuk mempresentasikan itu semua.

Skenario tersebut mungkin tidak asing lagi di setiap agency. Now where would we start? Yang menjadi pemikiran pertama adalah “What’s their problem?” Every client has a problem. Beberapa client berpendapat, masalah yang mereka hadapi adalah “Bagaimana meningkatkan penjualan yang lebih tinggi dari yang sebelumnya?”. That’s not a problem. Masalah yang sebenarnya adalah “Bagaimana mengatasi kesulitan untuk meningkatkan penjualan tersebut?” Itulah yang menjadi tantangan kita sebagai agency.

Getting the facts (marketing task )

Define the target audience (who are we talking to?)

Identify features & benefits (who makes their product better?)

Clarify the current position (what do people think about the product?)

Align wants & needs with the product (why should people buy it?)

Determine the call to action (what do we want people to do?)

-Advertising Strategy-

No comments: