Saturday, June 15, 2013

Memancing Pelanggan.

Untuk memulai bisnis, kadang kita dibuat resah oleh beberapa pertanyaan, bagaimana dengan pelanggannya, bagaimana dengan pesaingnya, apakah tempatnya strategis, kapan bisa BEP (Break Event Point) dan segelintir pertanyaan lainnya yang bila dirangkum menjadi satu “Berhasil atau Gagal?”.

Apakah ini akan mengurungkan niat kita untuk memulai bisnis? Bisnis tanpa profit tentu saja tidak akan berjalan, kecuali perusahaan Anda memang dirancang untuk Non-Profit Organization. Apabila dalam bisnis Anda pelanggan tak kunjung datang, tentu saja ini tidak diinginkan bukan? Berikut beberapa strategi pemasaran untuk menjaring pelanggan :

Buat Networking melalui Orang-Orang yang Kita Kenal
Kita bisa memulainya terlebih dahulu melalui teman-teman terdekat dengan mengenalkan produk atau jasa yang kita tawarkan. Tidak mustahil mereka akan menjadi pelanggan pertama kita atau mungkin saja pelanggan tetap.

Integrasikan melalui Website atau Blog
Saat ini orang cenderung mencari informasi melalui media digital. Berapa banyak orang yang mencari informasi produk atau perusahaan melalui yellow pages. Setelah seseorang memiliki interest pada suatu produk, mereka akan melakukan search terlabih dahulu melalui google, yahoo, dsb atau bahkan mereka masuk ke komunitas dari produk tersebut. Jadi proses mendapatkan informasi di internet ini yang menentukan merk apa yang akan dipilih.

Voucher Gratis / Potongan Harga
Untuk memberikan kesempatan kepada pelanggan merasakan produk atau jasa kita, salah satunya adalah dengan sistem voucher. Pemberian voucher ini bisa melalui banyak cara, misalnya bekerja sama dengan produk yang ada hubungannya dengan produk kita, memberikan voucher gratis yang mendaftar melalui website atau dengan membagikannya secara langsung pada saat event tertentu.

Membentuk Komunitas
Untuk menjalin hubungan dengan pelanggan (engagement), dibentuklah sarana informasi salah satunya adalah melalui komunitas. Karena komunitas ini bersifat dua arah, kita bisa mengetahui kelebihan dan kekurangan produk kita.

Adakan Kontes
Setelah komunitas terbentuk, untuk lebih memberikan apresiasi kepada pelanggan kita bisa mengadakan kontes. Kontes bisa diumumkan melalui media online dan offline. Pegadaan kontes seperti ini bisa meningkatkan engagement dan awarness produk.

Branding
Produk atau jasa yang kita tawarkan sebaiknya dikemas sesuai dengan target yang sudah kita tentukan dari awal, faktor demografi, geographics dan psikografis. Jangan sampai kita memakai umpan dan lokasi yang salah ketika memancing. 

No comments: