Friday, June 28, 2013

“Menikah” dengan Konsumen Anda

Konsumen Indonesia memiliki beberapa karakter unik yang perlu dicermati. Pengenalan karakter ini berguna untuk menyusun strategi pemasaran. Untuk itu diperlukan data-data yang akurat melalui riset. Bila dilakukan dengan tepat, kita dapat mengetahui apakah produk atau jasa yang telah diberikan telah memuaskan konsumennya atau tidak atau bahkan sampai dalam tahap antusias.
Kita dapat mengenali konsumen dengan jelas dari aspek geografis, demografis dan psikografis. Analisa peluang di pasar, permasalahan yang terjadi, ataupun potensi yang ada yang dapat dimanfaatkan di masa mendatang. Pada umumnya digunakan 2 metode riset, kuantitatif dan kualitatif.
Kuantitatif berfokus pada angka, statistik dan presentase. Cara yang digunakan bisa melalui survei dan obeservasi. Sedangkan riset kualitatif, perilaku konsumen dapat diketahui dengan lebih baik, karena metode ini menggunakan teknik wawancara dengan lebih mendalam bisa secara kelompok maupun individu. Strategi pemasaran yang tepat bisa kita temukan disini.

Banyak pemasar yang tidak tahu apa yang harus dikatakan kepada konsumen tentang produknya. Banyak yang hanya berbicara mengenai harga, padahal harga bukan menjadi faktor penentu bagi konsumen, terlebih bagi kalangan premium. Poin yang paling penting yang harus diangkat adalah difrensiasi produk. Karena itu menikahlah dengan konsumen kita untuk mendapatkan difrensiasi yang tepat.

No comments: