Bagi kalangan pebisnis siapa yang tak kenal dengan Richard
Branson salah satu pengusaha terkaya di dunia yang telah mendirikan 360
perusahaan di bawah bendera Virgin Group. Pria kelahiran Blackheath, London, 18 Juli 1950 ini, sukses
mendirikan bisnis pertama kali pada umur 16 tahun dengan mempublikasikan sebuah
majalah yang bernama Student. Selain itu, merek Virgin yang diciptakan Branson
tumbuh dengan pesat pada tahun 1980-an setelah mendirikan Virgin Atlantic
Airways dan melakukan ekspansi untuk Virgin Record.
Di samping itu, lelaki yang sudah berumur 62 tahun itu
sering mempunyai ide-ide yang bisa di bilang “gila” karena ide tersebut belum
pernah ada yang melakukannya, salah satu ide yang sudah dilakukannya yakni
bertamasya di bawah laut dengan menggunakan kapal selam. Dengan berhasilnya
perjalanan di bawah laut, sampai-sampai Branson mempunyai ide, bagaimana bisa
berpiknik ke luar agkasa dengan pesawat ulang-aling pribadi.
Dengan bergelimang harta bagi Branson, tidak membuatnya
pelit untuk berbagi ilmu. Pada suatu waktu ia bersimpati kepada seorang ayah
dari Texas dan meminta nasehat kepadanya tentang anaknya, yakni seorang yang
menggeluti bisnis pemotongan rumput di daerah itu, yang tidak pernah berkembang
dalam menggeluti usahanya.
Dengan mempunyai pengalaman yang segabrek bagi Branson tidak
sulit untuk memberikan nasehat pada anak muda itu. Ada 4 nasehat yang diberikan
oleh Branson kepada anak muda tersebut:
Nasehat pertamanya mengatakan apakah harga yang diberikan
sudah tepat?
Biasanya jika harga yang ditawarkan terlalu tinggi maka
pelanggan akan enggan memakai jasa kita. Branson menawarkan untuk mencoba
radikal Like a Virgin. Caranya dengan menawarkan untuk memotong rumput kepada
masayarakat secara gratis, dan jika pelanggan itu bahagia dengan hasil kerja
Anda, mereka bisa membayar berapapun jumlahnya yang mereka anggap sesuai.
Dengan begitu biasanya Anda akan mendapatkan hasil yang lebih baik dari
sebelummnya.
Nasehat keduanya, coba gunakan peralatan yang terbaru
Masyarakat biasanya akan lebih menyukai kebunnya bisa
dibersihkan dengan peralatan yang terbaru. Jadi coba cari cara untuk membeli
peralatan terbaru agar para pelanggan selalu terpuaskan. Banyak para pelanggan
yang melihat hasil kerja dengan peralatan terbaru, karena baik kecepatan waktu
dan kebersihan dari hasil kerja itu akan terlihat.
Nasehat ketiganya, selalu memperluas layanan yang Anda
tawarkan
Dalam memotong rumput adalah pekerjaan yang tidak sulit,
jadi banyak juga orang yang bisa melakukannya dengan sendiri. Maka untuk
menutup kemungkinan tersebut tidak ada salahnya Anda memberikan pelayanan yang
beda seperti, membersihkan kebun, membersihkan mobil dan lain sebagainya. Ini
membuat usaha Anda akan melebarkan sayab kepada usaha yang lain, yang mungkin
nanti cocok dengan profesi dari Anda sendiri.
Nasehat keempatnya, coba menyumbangkan sebagian hasil Anda
ke badan amal
Dengan menyumbang ke badan amal untuk kepentingan
masayarkat. Ini membuktikan bahwa Anda juga peduli kepada masyarakat yang
membutuhkan. Dan pastinya usaha Anda akan dilihat orang dan bisa jadi bisa
terus berkembang dan maju.
Sumber :
http://www.marketing.co.id/?s=richard+branson
No comments:
Post a Comment